Yuk Kelola Tabungan ‘Masa Depan’ Mu dari Sekarang!

Perkembangan zaman di era digital kini seolah mentransformasi diri kita menjadi pribadi dengan mobilitas tinggi dengan berbagai impian dan mimpi yang ingin diraih. Tren masyarakat muda perkotaan sekarang beralih menuju tren kekinian dengan segudang mimpi seperti fashion terupdate, gaya hidup berkecukupan bahkan hunian yang ekslusif. Tidak salah memang, tetapi kebanyakan pekerja di ibukota rentan menghabiskan gajinya pada pertengahan bulan dan selalu menderita di akhir bulan. Hanya segelintir orang yang nampaknya cukup peduli dengan kondisi keuangan di masa depan mereka. Tapi, seberapa pentingnya kah tabungan masa depan sedangkan penghasilan saja hanya cukup untuk makan dan biaya lainnya?

Manfaat Tabungan Masa Depan

Berbagai benefit dapat kita temukan dengan memanfaatkan ‘tabungan masa depan’ ini, selain untuk memberikan perlindungan jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan terjadi pada diri kita, tabungan masa depan juga dapat menjadi investasi bagi kebutuhan hidup anak cucu kita kelak. Berikut adalah beberapa manfaat dalam memiliki tabungan masa depan :

1. Memberikan Rasa Tenang Pada Diri dan Keluarga
Bayangkan jika suatu saat anda harus terbaring lemah di Rumah Sakit atau bahkan orang terkasih anda mengalami hal buruk seperti PHK, kebakaran, pensiun dll. Tentu faktor keuangan yang cukup krusial memegang peranan penting dalam memproteksi hal hal buruk yang tak diinginkan terjadi. Dengan memiliki tabungan masa depan, niscaya rasa tenang pada diri dan keluarga akan bertambah karena  setidaknya kita sudah memiliki sebuah ‘pegangan’.

2. Memberikan Masa Depan yang Cerah Bagi Anak Cucu Kelak
Tentu kita menginginkan pendidikan terbaik bagi anak kelak agar dapat mewujudkan cita citanya nanti. Tetapi pendidikan terbaik tentu membutuhkan biaya yang besar pula. Kita pun telah merasakan bangku sekolah dengan berbagai aktivitas pendidikan yang membutuhkan banyak biaya tambahan seperti les private, LKS, modul, dsb. Sangat penting bagi setiap kita untuk mulai sedari dini memikirkan kesejahteraan anak cucu kita kelak

3. Investasi Jangka Panjang
Selain dapat memberikan rasa tenang dan masa depan yang cerah bagi anak cucu kita kelak, dengan tabungan masa depan kita juga dapat berinvestasi secara jangka panjang melalui berbagai investasi yang kita inginkan baik itu untuk membuka usaha sendiri, investasi reksadana, obligasi, dll.

 

Jenis Tabungan Masa Depan

Terdapat beberapa jenis tabungan masa depan, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Tabungan
Menabung. Hal yang hukumnya sunnah untuk dilakukan ketika kita sudah berpenghasilan sendiri. Bahkan sedari SD pun generasi muda Indonesia diajarkan untuk menabung. Penting bagi kita, baik tua maupun muda untuk mulai menabung. Dikhususkan untuk generasi muda untuk mulai menyisihkan dan menganggarkan gaji yang didapat untuk dimasukkan dalam tabungan. Jika mengalami kesulitan beberapa Bank di Indonesia menyediakan program tabungan sejenis dengan benefit dan suku bunga yang bervariasi.

2. Investasi
Selain tabungan, dengan berinvestasi kita juga dapat menambah pundi – pundi tabungan kita. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, investasi yang dapat kita pilih sangatlah beragam. Dimulai dari membuka usaha sendiri, investasi saham, emas, investasi reksadana, dll. Hendaknya berbagai pilihan investasi tersebut disesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan anda masing masing. Juga jangan lupa untuk mempelajari keuntungan dan kerugian dari masing – masing investasi yang ditawarkan.

3. Tabungan Investasi

Selain dengan menabung dan berinvest, ada yang lebih unik lagi. Yaitu tabungan investasi.  Anda bisa dapat keduanya dengan mengkombinasikan antara tabungan dan investasi.  Selain dana kita dapat tersimpan dalam tabungan, kita juga dapat berinvestasi dengan bonus program asuransi jiwa.  Beberapa bank besar telah menerapkan program ini, sebut saja Commonwealth Life dengan benefit manfaat perlindungan jiwa seumur hidup, perlindungan terhadap penyakit yang tak tersembuhkan, berbagai pilihan investasi dan fasilitas inflation link.

Ayo, tunggu apalagi! Jangan ragu untuk mulai merencakan keuangan masa depan anda dengan tabungan masa depan. Tentu masa depan anda dan keluarga lebih berharga dari apapun bukan?
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar